wisata Air Terjun Tukad Ceping di Bangli

Keindahan air terjun memiliki pesona tersendiri bagi wisatawan. Walaupun Pulau Bali kecil tetapi memiliki banyak air terjun yang tidak kurang indah dan tentu saja memiliki keunikan tersendiri. Longtripmania.org sebelumnya sudah Tinjauan tentang tempat-tempat wisata air terjun Tangkub terletak di Bangli. Pada admin kesempatan ini lagi review tentang lokasi Curug ini tidak begitu jauh dengan Air Terjun Curug Tangkub Tukad Cepung.


Untuk mencapai lokasi Curug ini kita harus turun jalan berundak, turun kali rim, dan menuruni tebing dengan batu seperti canyon tersembunyi di Guwang (Guwang tersembunyi Canyon). Wisatawan juga harus menyelinap ke tengah-tengah antara tebing yang menyerupai sebuah gua karena jalan sempit sebelum menemukan mencapai air terjun ini. Sepanjang perjalanan dari revitalisasi alam sekitarnya terlihat indah dengan pohon-pohon di sekitar rimbunnya.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Jika diamati pada pandangan pertama ini air terjun yang jatuh dari langit, karena itu adalah terpesona oleh matahari, sehingga hal ini tidak mengherankan bahwa air terjun ini dapat dikatakan sebagai air terjun dari langit.

Untuk menikmati air terjun ini kita harus membayar sumbangan sukarela (tidak ada catatan biaya) yang akan digunakan untuk pengelolaan tempat ini. Air terjun ini dikelola oleh desa setempat teruna-teruni. Setelah Anda mendapatkan diparkir kita akan ditumbangkan oleh orang-orang muda dari banjar setempat dengan ramah dan menunjukkan lokasi air terjun jembatan Tukad Cepung.

Wisatawan yang datang ke air terjun jembatan Tukad Cepung adalah sebagian besar wisatawan lokal. Tidak hanya dinikmati oleh wisatawan lokal, kadang-kadang juga terlihat wisatawan asing yang datang untuk menikmati pesona air terjun ini. Selain menikmati keindahan air terjun kita juga dapat melukat di daerah ini, karena tidak jauh dari lokasi air terjun ada tempat penyucian (pemurnian) disebut Petirtaan Nawa Tirta.

Lokasi dan cara akses Tukad Cepung terjun
Air terjun lokasi jembatan Tukad Cepung terletak di Banjar Penida Kelod, desa Tembuku, Kecamatan Tembuku, Bangli, Bali. Dari kota Bangli berjarak sekitar 8 km, sementara jika dari kota Denpasar berjarak sekitar 38,8 km. Dari Bandara Ngurah Rai menutupi jarak sekitar 53 km atau dengan waktu tempuh sekitar 71 menit jauhnya dengan kendaraan bermotor.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s